Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 3 (2023): Agustus

Evaluasi Kemampuan Menyusun RPPH PAUD pada Masa New Normal

Karta, I Wayan (Unknown)
Buahana, Baiq Nada (Unknown)
Sativa, Filsa Era (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Pendidik merupakan suatu prioritas pertama dalam mewujudkan keberhasilanya suatu Pendidikan. Setiap pendidik professional diharapkan harus mempunyai kompetensi dan penguasaan yang mendalam dalam bidangnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi guru dalam kemampuan menyusunan perencanaan pembelajaran yaitu RPPH. Penelitian ini bertujuan menggambarkan kemampuan guru dalam menyusun RPPH pembelajaran anak usia dini pada masa new normal. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan selama 8 bulan. Subjek penelitian terdiri dari 40 lembaga PAUD dengan guru TK A dan TK B. Pemilihan subyek penelitian dengan menggunakan kriteria dengan jumlah guru 80 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan studi dokumen mendalam untuk mengumpulkan data primer yaitu menilai RPPH dengan studi dokumen, dokumen supervisi kepala sekolah/pengawas kemudian metode observasi denga mengamti proses pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian ini yaitu penyusunan RPPH guru Kota Mataram terdapat  kategori rendah yaitu sebesar 16.3%, kategori sedang sebesar 68.8%, dan kategori tinggi sebesar 15%. Dengan adanya hasil persentase evaluasi penysusnan RPPH ini dapat dikatakan bahwa kemampuan guru dalam menyusun RPPH sudah telah telasana dengan baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...