Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 2 (2024): Mei

Analisis Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa pada Pembelajaran Kimia Dasar Menggunakan E-modul Interaktif

Muhammad Shohibul Ihsan (Unknown)
Pahmi Husain (Unknown)
Fauziah, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-modul interaktif terhadap kemampuan literasi sains mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang dilakukan dengan desain non-equivalent control group design. Penelitian ini melibatkan mahasiswa program studi Biologi di salah satu universitas di Lombok, Indonesia, dengan melibatkan kelas kontrol dan kelompok eksperimen. Pre-test dan post-test diberikan peneliti untuk menguji kemampuan literasi sains mahasiswa pada pembelajaran kimia dasar. Validitas, reliabilitas, dan tingkat kesukaran soal diuji dengan menggunakan Model Rasch. Analisis statistik yang digunakan adalah uji prasyarat analisis data dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t (Independent Samples t-test) dengan bantuan SPSS 20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor N-gain literasi sains mahasiswa kelas eksperimen sebesar 71,34 dengan kriteria tinggi, skor rata-rata N-gain kelas kontrol sebesar 48,57 dengan kriteria sedang. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dan e-modul interaktif berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan literasi sains mahasiswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...