Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 2 (2024): Mei

Analisis Kebutuhan Media Interaktif Ludo Digital Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V SD

Aisyah, Siti Nur (Unknown)
Setyawati, Rini Cahyani (Unknown)
Hidayat, Otib Satibi (Unknown)
Utami, Nidya Chandra Muji (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan akan media interaktif berupa Ludo Digital dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk kelas V Sekolah Dasar (SD). Metode yang digunakan adalah pendekatan pengembangan (research and development) dengan model 4D Thigarajan (1974). Model ini terdiri dari empat tahap utama: Define, Design, Development, dan Disseminate. Tahap Define melibatkan pendefinisian spesifikasi produk yang akan dikembangkan, sementara Tahap Design mencakup perancangan produk yang akan dibuat. Tahap Development berfokus pada pengembangan desain produk dan verifikasi kinerja. Tahap terakhir, Disseminate, melibatkan distribusi produk yang telah diuji kepada pengguna potensial. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan akan media interaktif Ludo Digital dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di tingkat SD, serta memberikan landasan bagi pengembangan lebih lanjut dalam konteks pendidikan tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...