Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 2 (2024): Mei

Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Literasi Sains Biologi Kelas X SMAN 7 Mataram Tahun Ajaran 2023/2024

Komalasari, Baiq Resti (Unknown)
Setiadi, Dadi (Unknown)
Kusuma, Anindita Suliya Hangesti Mandra (Unknown)
Jufri, A. Wahab (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2024

Abstract

Literasi sains merupakan suatu hal yang sangat penting untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap apa yang mereka pelajari terutama biologi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model projectbased learning terhadap literasi sains siswa biologi kelas X SMAN 7 Mataram. Metode quasi eksperimen dan Nonrandomaized Control Group Desigin digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMAN 7 Mataram dan random sampling sebagai tehnik pengambilan sampel sehingga diperoleh empat kelas sebagai sampel dengan rincian kelas XG dan XF sebagai kelompok eksperimen sedangkan XK dan XL sebagai kelompok kontrol.  Intrumen yang digunakan ialah Questioning Skills, pengumpulan data literasi sains siswa dilakukan dengan pemberian soal pilihan ganda (multiple choice) kemudian dianalisis dengan anacova (analysis of covariance) pada taraf signifikasi 5% menggunakan program SPSS 21. Hasil uji hipotesis pada penelitian ini bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan bertanya siswa biologi kelas X SMAN 7 Mataram. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...