Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 2 (2024): Mei

Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Dalam Penyusunan Asesmen Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar

Hanis, Muhsin (Unknown)
Wahyudin, Din (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2024

Abstract

Artificial Intelligence (AI) merupakan bentuk perkembangan teknologi yang memiliki kemampuan layaknya pikiran manusia. Penggunaan AI sangat berkembang di hampir seluruh sektor atau industry, salah satunya pada bidang pendidikan. Banyak jenis AI yang digunakan dalam bidang pendidikan seperti penggunaan Chatbot untuk menemukan berbagai informasi sesuai prompt yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana guru Sekolah Dasar memanfaatkan AI untuk menyusun perencanaan asesmen pembelajaran baik itu asesmen formatif maupun asesmen sumatif. Oleh karena itu, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jumlah responden/guru SD sebanyak 53 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah kuesioner online yang berbentuk skala likert yang disebar melalui media whatsapp kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis interval. Sehingga diperoleh bahwa, dari 10 pernyataan yang diberikan, 9 diantaranya berada pada kategori “Kadang-kadang” dengan persentase paling rendah 45,28% dan yang paling tinggi 59,91%, dan hanya 1 kategori yang berada pada kategori “Sering” dengan persentase 62,74% yang memanfaatkan AI dalam menyusun perencanaan asesmen pembelajaran baik itu asesmen formatif maupun asesmen sumatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...