Inovasi media pembelajaran perlu dilakukan untuk menarik minat belajar siswa, salah satunya dengan cara memanfaatkan kemajuan teknologi. Pemanfaatan dapat dilakukan dengan mengembangkan media pembelajaran berupa flipbook yang menggabungkan antara visual serta audio sehingga dapat membuat pembelajaran lebih menarik. Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui 1) kelayakan pengembangan media pembelajaran flipbook berbasis kontekstual pada materi keselamatan kerja 2) respon peserta didik terhadap media pembelajaran flipbook yang dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan R&D dengan model pengembangan ADDIE, proses yang digunakan melalui empat tahap yaitu analysis, design, development, dan implementation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi serta media dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) persentase kelayakan materi sebesar 90% sedangkan untuk kelayakan media sebesar 93% yang keduanya termasuk kedalam kriteria sangat layak 2) hasil respon peserta didik diperoleh nilai rerata sebesar 94% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu media pembelajaran flipbook berbasis kontekstual pada materi keselamatan kerja yang telah dikembangkan layak digunakan dan diimplementasikan untuk pembelajaran.
Copyrights © 2024