Materi choux paste merupakan materi yang sulit dipahami tanpa adanya ilustrasi atau realita. Salah satu cara untuk mengoptimalkan kegiatan belajar yakni dengan mengguakan bahan ajar digital. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui: 1) kelayakan e-modul berbasis STEM pada materi choux paste yang ditinjau dari segi materi dan media; 2) respon peserta didik terhadap e-modul berbasis STEM pada materi choux paste. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang dibatasi hingga tahap implementasi, tahapan penelitian ini terdiri atas: 1) Analisis; 2) desain; 3) pengembangan; dan 4) implementasi. Teknik perolehan data dilakukan menggunakan instrumen penelitian yang terdiri dari: 1) lembar validasi untuk penilaian ahli materi; 2) lembar validasi untuk penilaian ahli media; 3) angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) e-modul memperoleh skor Aiken V sebesar 0,995 dengan kriteria validitas tinggi oleh ahli materi dan memperoleh skor Aiken v sebesar 0,913 dengan kriteria validitas tinggi oleh ahli media, 2) e-modul memperoleh hasil respon pengguna sebesar 86,93% dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah e-modul berbasis STEM pada materi choux paste untuk siswa jurusan Kuliner valid dan layak digunakan untuk pembelajaran.
Copyrights © 2024