Karimah Tauhid
Vol. 3 No. 5 (2024): Karimah Tauhid

Peran Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Mekanik Siswa Kelas 1

Pratama, Parda Silvia (Unknown)
Humaira, Megan Asri (Unknown)
Safari, Yusuf (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2024

Abstract

Permasalahan siswa kelas 1 pada pembelajaran membaca masih terdapat siswa yang belum mengenal huruf alpabet, masih terdapat siswa yang belum dapat mengeja, belum tahu cara membaca huruf mati, dapat mengeja tetapi belum bisa menyambungkan kata, serta rendahnya siswa dalam membaca. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan keterampilan membaca mekanik siswa kelas 1 dan strategi guru dalam meningkatkan keterampilan membaca mekanik siswa kelas 1. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi tersetruktur yang dilakukan kepada guru kelas 1 di SDN 1 Tangkil. Prosedur analisis data penelitian ini menggunakan analisis data tematik. Sementara itu, data penelitian ini diuji denga menggunakan triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan keterampilan membaca mekanik siswa kelas satu memiliki peran sangat besar. Guru dapat menggunakan berbagai strategi untuk membantu siswa belajar membaca dengan lebih efektif, dengan upaya yang maksimal dari guru, siswa kelas 1 dapat menguasai keterampilan membaca mekanik dengan baik dan siap untuk melanjutkan pembelajaran membaca ke tingkat yang lebih tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...