All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
Vol 4, No 2: Juni 2024

Interaksi Metode Tanya Jawab Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Pulau Rakyat Asahan

Pardede, Marioga (Unknown)
Gultom, Fransiskus (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi yang signifikan metode tanya jawab dengan minat belajar siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pulau Rakyat Asahan. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IX  SMP Negeri 1 Pulau Rakyat Asahan yang terdiri dari 5 (lima) kelas yaitu:  IX-1, IX-2, IX-3, IX-4, dan IX-5 sebanyak 185 orang. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 50 orang yang diambil dari  siswa kelas IX-1 sebanyak 27 siswa dan siswa kelas IX-2 sebanyak 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi dan wawancara. Angket yang digunakan sebanyak 30 butir soal dengan 5 (lima) option pilihan jawaban, pemberian nilai untuk setiap jawaban nilai yang diberikan yaitu:  a. Selalu dengan nilai 5, b. Sering dengan nilai 4, c. Kadang-kadang dengan nilai 3, d. Jarang dengan nilai 2, dan e. Tidak Pernah dengan nilai 1. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan, bahwa ada hubungan signifikan secara simultan antara metode tanya jawab dengan minat belajar siswa kelas IX  SMP Negeri 1 Pulau Rakyat Asahan, hal ini telihat dari data yang menunjukan rhitung (0,770) pada rtabel (0,279) pada taraf signifikan 5%, atau dapat diformulasikan sebagai 0,770 0,279. Jika dilihat dari tabel interpretasi “r” product moment rhitung (0,770) terletak pada titik 0,70-0,90, maka dapat dikatakan mempunyai hubungan yang kuat dan tinggi atau hubungan yang signifikan.  Kata kunci: Metode Tanya Jawab,  Minat Belajar, dan SMP Negeri 1 Pulau Rakyat Asahan.

Copyrights © 2024