Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh teknik Experience, Generalization, Reinforcement, Application (EGRA) terhadap peningkatan keterampilan menyimak siswa kelas IV SDN Sukajaya 01. Perolehan data yaitu menggunakan tes essay yang diperoleh dari pretest dan posttest. Hasil data dalam penelitian terlihat pada uji Independent Sampel T-test yang menunjukkan nilai Sig. 2-tailed 0,000 < 0,05 yang menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, diperkuat dari hasil rata-rata pretest dan posttest antara kelompok eksperimen dan kontrol, dimana keompok eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan dari hasil pretest sebesar 50.40 ke hasil posttest sebesar 82,98, sedangkan kelompok kontrol juga mengalami meningkatan namun tidak sebesa kelas eksperimen dari hasi hasil pretest sebesar 42.98 ke hasil posttest sebesar 61.65. kesimpulannya terdapat perngaruh teknik Experience, Generalization, Reinforcement, Application (EGRA) terhadap peningkatan keterampilan menyimak pada mata pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Sukajaya 01.
Copyrights © 2024