PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 10 No 1 (2024): PEDAGOGI

PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS V SD NEGERI 067097 MEDAN BARAT

Harahap, Azizah Yusra Amaliyah (Unknown)
Hasibuan, Ainul Marhamah (Unknown)
Supriyani, Ani (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas V SD Negeri 067097 Medan Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 54 siswa kelas V SD Negeri 067097 Medan Barat. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket pretes dan post test dengan UJi t Test sebagai teknik analisis datanya. Hasil analisis dan pengujian hipotesis penelitian maka dapat disimpulkan siswa yang kemampuan literasi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan Saintifik lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran biasa (Fhitung = 11.493 dan nilai sig. 0,001 < 0,05).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Pendidikan adalah jurnal peer-review untuk membahas dan menyebarkan analisis orisinal dan kritis tentang berbagai masalah pendidikan kontemporer. Jurnal ini menerbitkan artikel yang menarik bagi praktisi pendidikan, guru, pembuat kebijakan pendidikan, dan peneliti. Jurnal ini ...