Estoria: Journal of Social Sciences & Humanities
Vol 4, No 2 (2024): Estoria: Journal of Social Sciences & Humanities

ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA N 2 NANGA TAYAP KABUPATEN KETAPANG KALIMANTAN BARAT: LANGKAH AWAL MENUJU PENDIRIAN LABORATORIUM SEJARAH

Syaifulloh, Muhammad (Unknown)
Fitriana, Desy (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pembelajaran sejarah di SMA dan bagaimana pendirian laboratorium sejarah dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan siswa, guru sejarah, dan kepala sekolah, observasi partisipan di laboratorium sejarah, dan analisis dokumen kurikulum sejarah dan bahan ajar sejarah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMA memiliki kebutuhan yang beragam dalam pembelajaran sejarah, seperti kebutuhan akan metode pembelajaran yang lebih interaktif, akses ke sumber belajar yang lebih beragam, dan kesempatan untuk mempraktikkan pengetahuan sejarah. Pendirian laboratorium sejarah dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan menyediakan ruang belajar yang interaktif, dilengkapi dengan berbagai sumber belajar, dan memungkinkan siswa untuk melakukan eksperimen dan simulasi sejarah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

estoria

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Publishes articles in provides space for academic debate and critical thinking to explore: 1. History Education ; from all areas such as formal and informal education systems, comparative education, and policy in a range of settings. 2. History ; from all areas and periods and has played an ...