Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 3 No 1 (2024): Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam

Efektifitas Penerapan Metode Talaqqi dalam Pendampingan Penghafal Al-Qur’an

Awaliah Nur Hikmah, Octa (Unknown)
Musyaddad, Anwar (Unknown)
Astuti, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Program Pendampingan Mengahafal Al-Qur’an dengan metode Talaqqi merupakan sebuah upaya untuk mempermudah anak-anak dalam menghafal kalamullah yang sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, karena sistem yang face to face dan anak-anak menghadap kepada guru satu persatu memberikan kemudahan kepada guru untuk mengidentifikasi setiap kesalahan pada bacaan Al-Qur’an anak. fokus tujuan dari penelitian pengabdian ini adalah Efektifitas Penerapan Metode Talaqqi dalam Pendampingan Penghafal Al-Qur’an oleh mahasiswa KKN STAI Ibnu Rusyd di TPA An-Najiyah. Metode yang digunakan adalah metode Participatory Action Research atau yang biasa disebut dengan PAR merupakan riset yang digunakan oleh penulis dimana penulis secara langsung ikut berpartisipasi sebagai pendamping di lokasi pengabdian yakni di TPA An-Najiyah Dusun 2 Desa Sindang Agung. Hasilnya dengan diadakannya metode talaqqi dalam mendampingi anak-anak menghafal Al-Qur’an, anak-anak menjadi lebih bersemangat dalam menghafal, pelafalan anak-anak yang semula masih terbawa oleh bahasa daerah semakin berkurang, kesadaran anak-anak dalam memperhatikan hukum-hukum tajwid saat menghafal semakin tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arrusyd

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Fokus dan ruang lingkup Jurnal Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam adalah isu-isu penting dan aktual tentang pendidikan agama Islam seperti Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan Islam, Ilmu pendidikan Islam, Strategi pembelajaran pendidikan Islam, Kurikulum pendidikan Islam, Manajemen ...