Program Pendampingan Mengahafal Al-Qur’an dengan metode Talaqqi merupakan sebuah upaya untuk mempermudah anak-anak dalam menghafal kalamullah yang sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, karena sistem yang face to face dan anak-anak menghadap kepada guru satu persatu memberikan kemudahan kepada guru untuk mengidentifikasi setiap kesalahan pada bacaan Al-Qur’an anak. fokus tujuan dari penelitian pengabdian ini adalah Efektifitas Penerapan Metode Talaqqi dalam Pendampingan Penghafal Al-Qur’an oleh mahasiswa KKN STAI Ibnu Rusyd di TPA An-Najiyah. Metode yang digunakan adalah metode Participatory Action Research atau yang biasa disebut dengan PAR merupakan riset yang digunakan oleh penulis dimana penulis secara langsung ikut berpartisipasi sebagai pendamping di lokasi pengabdian yakni di TPA An-Najiyah Dusun 2 Desa Sindang Agung. Hasilnya dengan diadakannya metode talaqqi dalam mendampingi anak-anak menghafal Al-Qur’an, anak-anak menjadi lebih bersemangat dalam menghafal, pelafalan anak-anak yang semula masih terbawa oleh bahasa daerah semakin berkurang, kesadaran anak-anak dalam memperhatikan hukum-hukum tajwid saat menghafal semakin tinggi.
Copyrights © 2024