Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 7 No. 2 (2024): Juli

Implementasi Project-based Learning di Sekolah: Analisis Bibliometrik (1998-2023): Indonesia

Zafrullah, Zafrullah (Unknown)
Ramadhani, Atika Miftah (Unknown)
Awliya, Dhia (Unknown)
Ayuni, Rizki Tika (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren penelitian pada implementasi Project-based learning di sekolah. Penelitian menggunakan database Scopus sebagai dokumen yang akan dianalisis dengan menggunakan RStudio dan VosViewer. Dari hasil analisis yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terjadi perubahan signifikan dalam jumlah publikasi artikel terkait dengan implementasi pendekatan Project-based Learning (PjBL) di lingkungan sekolah. Dari tahun 1998 hingga 2014, hanya terdapat 55 publikasi, menunjukkan tingkat pertumbuhan yang lambat dalam penelitian ini selama periode tersebut. Namun, mulai tahun 2016 hingga 2023, terjadi lonjakan yang signifikan dengan total 229 publikasi, mencerminkan peningkatan pesat sebanyak 4 kali lipat. Michigan State University dari Amerika Serikat menonjol dengan jumlah publikasi tertinggi, menunjukkan kontribusi yang signifikan. Texas A&M University dari Amerika Serikat memiliki Mary Margaret Capraro dan Robert Capraro yang berkontribusi dalam penelitian ini dengan h-index sebesar 5. International Journal of Engineering Education menunjukkan tingkat h-index yang cukup tinggi, serta total citasi yang signifikan, menandakan pengakuan dan dampak yang substansial dari penelitian. Penelitian ini merupakan tinjauan literatur yang menyeluruh tentang PjBL, yang mencakup berbagai aspek dan implikasi dari implementasi metode pembelajaran proyek dalam lingkungan pendidikan. Terdapat lima kluster yang terfokus menjadi beberapa bagian, dengan kata kunci "learning outcomes", "middle schools", dan "STEAM" sebagai kata kunci yang direkomendasikan untuk melakukan penelitian selanjutnya pada impelementasi PjBL di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ciencias

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan ini mempublikasikan hasil-hasil penelitian yang mencakup penelitian eksperimen, penelitian tindakan, penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, dan penelitian pengembangan (model, media, dan evaluasi pembelajaran) yang bertujuan untuk ...