Kreativitas merupakan kemampuan mengimajinasikan, menafsirkan dan mengemukakan gagasan serta usaha yang memiliki daya cipta untuk kombinasi baru dari unsur sebelumnya yang sudah ada sehingga diperoleh peningkatan kualitas mahasiswa dalam pengembangan dirinya. Kreativitas penting dimiliki oleh mahasiswa PGSD sebagai calon pendidik untuk menghadapi era abad ke-21. Era abad ke-21 menuntut pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas untuk memfasilitasi peserta didik mengembangkan keterampilan-keterampilan berpikir tingkat tinggi. Pembelajaran harus dirancang dengan menarik dan inovatif. Tetapi, pada kenyataanya kemampuan kreatifitas mahasiswa masih rendah. Hal ini terjadi karena banyak factor. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus dengan 7 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PGSD semester gasal 2023/2024 dengan jumlah 60 mahasiswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika terdapat perubahan yang signifikan terhadap kemampuan kreativitas mahasiswa dengan Project based Learning (PjBL). Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa PGSD pada indikator fluency, flexibility, elaboration, dan originality secara maksimal.
Copyrights © 2024