Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep matematika peserta didik terhadap pembelajaran matematika berbasis etnomatematika dengan konteks gonrang sipitu-pitu. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-1 di SMP Negeri 2 Dolok Pardamean Kabupaten Simalungun. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi, dimana peneliti sebagai instrumen utama yang berperan dalam mengumpulkan data melalui observasi, dokumentasi, angket, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa respon peserta didik terhadap pembelajaran matematika dengan konteks gonrang sipitu-pitu pada materi geometri memperoleh hasil rata-rata sebesar 86 % siswa yang mampu menjawab pertanyaan atau lebih dari separuh siswa yang mampu, yang melibatkan konteks etnomatematika dengan konteks gonrang sipitu-pitu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah teshasil belajar, angket respon siswa, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berminat dengan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika dengan konteks gonrang sipitu-pitu.
Copyrights © 2022