Kegiatan guru di dalam kelas meliputi dua hal, mengajar dan mengelola kelas. Mengajar dimaksudkan agar peserta didik mencapai tujuan pembelajaran, sedangkan kegiatan mengelola kelas dimaksudkan sebagai proses untuk mempertahankan suasana kelas yang kondusif sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Strategi guru berpengaruh besar dalam pelaksanaan kegiatan mengelola kelas, agar pembelajaran dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran IPS di SD/MI. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan yang digunakan yaitu studi lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penggunaan analisis data dilakukan dengan menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian dilakukan pada yaitu Sekolah Dasar Swasta Ar-Rahman kelas IV. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, guru dapat merancang suatu strategi dalam pengelolaan kelas yang dimana proses belajar mengajar menjadi kondusif dan siswa akan lebih termotivasi untuk belajar
Copyrights © 2022