JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Analisis Strategi Guru dalam Pelaksanaan Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran IPS Kelas IV di SDS Ar-Rahman

Oktavia, Dika (Unknown)
Fahri, Muhammad (Unknown)
Yono, Yono (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2022

Abstract

Kegiatan guru di dalam kelas meliputi dua hal, mengajar dan mengelola kelas. Mengajar dimaksudkan agar peserta didik mencapai tujuan pembelajaran, sedangkan kegiatan mengelola kelas dimaksudkan sebagai proses untuk mempertahankan suasana kelas yang kondusif sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Strategi guru berpengaruh besar dalam pelaksanaan kegiatan mengelola kelas, agar pembelajaran dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran IPS di SD/MI. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan yang digunakan yaitu studi lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penggunaan analisis data dilakukan dengan menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian dilakukan pada yaitu Sekolah Dasar Swasta Ar-Rahman kelas IV. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, guru dapat merancang suatu strategi dalam pengelolaan kelas yang dimana proses belajar mengajar menjadi kondusif dan siswa akan lebih termotivasi untuk belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...