JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Menggunakan Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Marlia, Ade (Unknown)
Putri Insyani, Nurdawani (Unknown)
Iswari, Maidilla (Unknown)
Hidayati, Rini (Unknown)
Isnaniah, Isnaniah (Unknown)
Maiyulisna, Maiyulisna (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di Kelas V SD N 23 Mato Aia ketika pembelajaran tematik. Dimana guru lebih cenderung menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran yang kurang menyenangkan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran Giving Question And Getting Answer. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 23 Mato Aia sebanyak 19 orang siswa dengan 2 kali pertemuan untuk setiap siklus. Hasil dari penelitian setelah diberikan tindakan menggunakan model Giving Question And Getting Answer pada siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan. Ketuntasan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia data awal 21%, siklus I 63% yang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 100%. Ketuntasan pada mata pelajaran IPS data awal 5%, siklus I 53% yang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 100%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...