JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Strategi Iklan Layanan Masyarakat dalam Pemasaran Sosial

Kustiawan, Winda (Unknown)
Harahap, Dama Kania (Unknown)
Sinaga, Waldi Afalah (Unknown)
Wahyudi, Irfan Diki (Unknown)
Hasibuan, Siti Fatimah (Unknown)
Simbolon, Masitoh Br. (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2023

Abstract

Iklan Layanan Masyarakat (ILM) merupakan salah satu bentuk strategi promosi yang sering dimanfaatkan dalam kegiatan pemasaran sosial. Seperti halnya iklan komersial pada umumnya, ILM harus efektif agar pesan persuasifnya mampu merubah perilaku target adopter sesuai keinginan pemasar sosial. Sehingga dibutuhkan strategi kreatif dalam penyusunan pesan persuasif dan juga penempatan media ILM tersebut agar iklan tersebut lebih efektif dalam mendorong target adopter untuk merubah perilakunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi iklan layanan masyarakat dalam pemasaran sosial. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk kata-kata yang mendeskripsikan hasil penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan studi literatur, yakni mengumpulkan data melalui tulisan-tulisan yang termuat pada buku, jurnal mengenai strategi iklan layanan masyarakat dalam pemasaran sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi iklan layanan masyarakat dalam melakukan pemasaran sosial dapat dilakukan dengan cara membuat program kreatif, strategi pembuatan pesan persuasif dan strategi pemilihan jenis media periklanan yang akan digunakan dalam menyampaikan pesan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...