JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Pengaruh Model Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Permainan Congklak terhadap Kemampuan Berhitung Penjumlahan dan Pengurangan pada Siswa Kelas I SDN 114345 Gunung Melayu

Nasution, Nur Elita Mardiyah Aswat (Unknown)
Lubis, Wildansyah (Unknown)
Simanjuntak, Sorta (Unknown)
Rozi, Fahrur (Unknown)
Simanihuruk, Lidia (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Kemampuan Berhitung Penjumlahan dan Pengurangan pada Siswa kelas 1 SD Negeri 114345 Gunung Melayu. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas 1 SD Negeri 114345 Gunung Melayu yang berjumlah 52 orang yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas I-A dengan jumlah 27 siswa dan kelas I-B berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan ke arah positif dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) terhadap kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas 1 SD Negeri 114345 Gunung Melayu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...