Chemedu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia
Vol 5, No 1 (2024)

Pengaruh Media Word Square pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IPA SMAN 3 Barru (Studi pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit)

Suciani, Suciani (Unknown)
Side, Sumiati (Unknown)
Sudding, Sudding (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 May 2024

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Media Word Square pada Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IPA SMA Negeri 3 Barru. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi ekperimen dengan pendekatan kuantitatif, desain posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X IPA dengan jumlah 2 kelas. Sampel penelitian adalah kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda untuk memperoleh data hasil belajar, di analisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eskperimen dan kelas kontrol berasal dari populasi yang homogen tetapi tidak terdistribusi normal sehingga uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney, hasil analisis tersebut memperlihatkan bahwa ada pengaruh media Word Square pada Model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 3 Barru (studi pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit). ABSTRACT This study was to determine the effect of Word Square media on discovery learning model on learning outcomes of class X IPA SMAN 3 Barru students. The research method used is a quasi-experimental with a quantitative approach with a posttest-only control group design. The research population is all class X IPA with a total of 2 classes. The research sample was class X IPA 3 as the experimental class and class X IPA 2 as the control class. The data collection technique used multiple choice tests to obtain data on learning outcomes. Data analysis was performed using descriptive and inferential statistics. The results of statistical analysis obtained that the experimental class average learning outcomes higher than the control class. The results of statistical analysis of learning outcomes showed that the experimental and control class data came from a homogeneous population but not normally distributed so that the test used was the Mann-Whitney test. From data analysis shows that based on data analysis, it can be concluded that there is an effect of Word Square media on discovery learning model on learning outcomes of class X IPA SMAN 3 Barru students (material for Electrolyte and Non Electrolyte solutions).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ChemEdu

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Chemedu merupakan wadah untuk bertukar informasi ilmiah mengenai ilmu pendidikan kimia yang meliputi perkembangan teori, media dan metode pembelajaran dari hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis dan kajian ...