Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran penerapan metode Teaching Proficiency Through Reading and Storytelling (TPRS) terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli. (2) untuk mengetahui gambaran keterampilan berbicara setelah digunakan metode Teaching Proficiency Through Reading and Storytelling (TPRS) pada pembelajaran siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli.(3) untuk mengetahui pengaruh metode Teaching Proficiency Through Reading and Storytelling (TPRS) terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimental design yang merupakan penelitian eksperimen dan desain penelitian yang digunakan berbentuk Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu 45 siswa di kelas IVB (kelas kontrol). Hasil pengukuran keterampilan berbicara siswa membandingkan hasil pretest dan posttest dengan menggunakan metode Teaching Proficiency Through Reading And Storytelling (TPRS) menunjukkan bahwa (1) gambaran penerapan metode Teaching Proficiency Through Reading and Storytelling (TPRS) terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli terlaksana dengan kategori baik. (2) gambaran keterampilan berbicara setelah digunakan metode Teaching Proficiency Through Reading and Storytelling (TPRS) pada pembelajaran siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli menunjukkan adanya perbedaan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pretest dan posttest keterampilan berbicara siswa dari kategori cukup menjadi kategori baik. .(3) Dengan demikian, penerapan metode Teaching Proficiency Through Reading and Storytelling (TPRS) berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli.
Copyrights © 2023