JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Pengaruh Penerapan Metode Teaching Proficiency Through Reading and Storytelling terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli

Idrus, Nur Abidah (Unknown)
Elvira, Nurul Wira (Unknown)
Salam, Rosdiah (Unknown)
Saharullah, Saharullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran penerapan metode Teaching Proficiency Through Reading and Storytelling (TPRS) terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli. (2) untuk mengetahui gambaran keterampilan berbicara setelah digunakan metode Teaching Proficiency Through Reading and Storytelling (TPRS) pada pembelajaran siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli.(3) untuk mengetahui pengaruh metode Teaching Proficiency Through Reading and Storytelling (TPRS) terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimental design yang merupakan penelitian eksperimen dan desain penelitian yang digunakan berbentuk Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu 45 siswa di kelas IVB (kelas kontrol). Hasil pengukuran keterampilan berbicara siswa membandingkan hasil pretest dan posttest dengan menggunakan metode Teaching Proficiency Through Reading And Storytelling (TPRS) menunjukkan bahwa (1) gambaran penerapan metode Teaching Proficiency Through Reading and Storytelling (TPRS) terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli terlaksana dengan kategori baik. (2) gambaran keterampilan berbicara setelah digunakan metode Teaching Proficiency Through Reading and Storytelling (TPRS) pada pembelajaran siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli menunjukkan adanya perbedaan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pretest dan posttest keterampilan berbicara siswa dari kategori cukup menjadi kategori baik. .(3) Dengan demikian, penerapan metode Teaching Proficiency Through Reading and Storytelling (TPRS) berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...