JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Representasi Matematika sebagai Sarana Berpikir Deduktif dalam Penelitian Kualitatif

Istiqomah, Alya Noorun (Unknown)
Oktari, Kiki Dinda (Unknown)
Firdaus, Muhammad Muhiyidin (Unknown)
Ernasari, Ernasari (Unknown)
Mahardika, I Ketut (Unknown)
Handono, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran representasi matematika sebagai sarana berfikir deduktif dalam konteks penelitian kualitatif. Representasi matematika merujuk pada penggunaan simbol, notasi, dan bahasa matematika untuk mewakili konsep dan hubungan matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Partisipan penelitian terdiri dari sekelompok siswa dan guru matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi matematika dapat menjadi sarana yang efektif dalam berfikir deduktif dalam penelitian kualitatif. Melalui penggunaan simbol dan notasi matematika, siswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep matematika dan menghubungkannya dengan situasi dunia nyata. Selain itu, representasi matematika juga memfasilitasi komunikasi dan pemecahan masalah dalam konteks penelitian kualitatif. Siswa dapat menggunakan representasi matematika untuk menggambarkan dan menjelaskan proses berpikir mereka secara sistematis dan logis. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memperluas pemahaman tentang peran representasi matematika dalam penelitian kualitatif. Implikasi penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan pembelajaran matematika yang berfokus pada berfikir deduktif dan penggunaan representasi matematika yang efektif dalam konteks penelitian kualitatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...