JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

The Implementation of Classroom Management for Interactive Classes of Students Based on Online Learning Grade VIII IN SMP Swasta Santo Paulus

Pane, Christina Ria Natal Sitorus (Unknown)
Manurung, Lastri Wahyuni (Unknown)
Lestari, Febrika Dwi (Unknown)
Tampubolon, Sahlan (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru bahasa Inggris di SMP Swasta Santo Paulus menerapkan pengelolaan kelas daring sehingga menjadi kelas yang interaktif meskipun dilakukan secara daring pada masa pandemi Covid-19. Metodologi penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa instrumen seperti Observasi dan Wawancara. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa selama masa pandemi, guru mengelola kelas online dengan menggunakan beberapa aplikasi pembelajaran untuk melakukan proses pembelajaran online, dan menurut guru yang diteliti bahwa metode ini kurang efisien dan tidak efektif dalam pembelajaran bagi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan kelas merupakan keterampilan guru dalam menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif dan mengendalikan suasana kelas jika terjadi gangguan dalam proses pembelajaran. Guru harus memiliki kemampuan untuk menciptakan suasana kelas yang menarik dan mampu mengelola kelas dengan baik. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, guru akan menjalankan tiga fungsi, yaitu fungsi instruksional, fungsi edukatif, dan fungsi manajerial. Pengelolaan kelas sangat menentukan keefektifan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...