JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Teacher Strategies In Teaching Writing at X Grade MAN 3 Agam Kubang Putih

Zulmen, Nurhadia Binti (Unknown)
Dewi, Merry Prima (Unknown)
Putri, Hilma Pami (Unknown)
Syafitri, Widya (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan guru dalam mengajar menulis di kelas X MAN 3 Agam Kubang Putih. Berdasarkan observasi, peneliti menemukan bahwa guru mengajar teks recount. Pertama, guru mengajarkan pengertian teks recount. Kedua, guru mengajarkan apa itu generic structure dan apa itu tenses. Ketiga, guru menjelaskan apa itu simple present. Keempat, setelah guru menjelaskan topic tersebut, guru memberikan contoh teks recount dengan menuliskan contoh teks di papan tulis. Kelima, guru meminta siswa menuliskan pengalamannya dalam sebuah paragraph sederhana. Peneliti melihat bahwa siswa memahami apa yang sudah diajarkan oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sedangkan proses pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi menggunakan obersvasi ceklis dan melakukan wawancara dengan guru dan siswa kelas X Man 3 Agam Kubang Putiah. Data yang didapatkan akan di analisa menggunakan analisis data kualitatif. Peneliti menemukan bahwa terdapat tiga strategi yang digunakan oleh guru dalam mengajar menulis di kelas X MAN 3 Agam Kubang Putiah.Yaitu: Guided writing,TTW dan PLEASE strategi. Namun, selain ketiga strategi tersebut, Guided Writing hanya diterapkan pada observasi pertama sedangkan TTW diterapkan pada setiap pertemuan. Sedangkan strategi PLEASE hanya diterapkan dalam pertemuan ke empat. Selainitu, meskipun guru menerapkan ketiga strategi tersebut, langkah-langkahnya masih belum lengkap. Dengan kata lain, ada langkah-langkah yang hilang dalam pelaksanaan strategi ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...