Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan guru dalam mengajar menulis di kelas X MAN 3 Agam Kubang Putih. Berdasarkan observasi, peneliti menemukan bahwa guru mengajar teks recount. Pertama, guru mengajarkan pengertian teks recount. Kedua, guru mengajarkan apa itu generic structure dan apa itu tenses. Ketiga, guru menjelaskan apa itu simple present. Keempat, setelah guru menjelaskan topic tersebut, guru memberikan contoh teks recount dengan menuliskan contoh teks di papan tulis. Kelima, guru meminta siswa menuliskan pengalamannya dalam sebuah paragraph sederhana. Peneliti melihat bahwa siswa memahami apa yang sudah diajarkan oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sedangkan proses pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi menggunakan obersvasi ceklis dan melakukan wawancara dengan guru dan siswa kelas X Man 3 Agam Kubang Putiah. Data yang didapatkan akan di analisa menggunakan analisis data kualitatif. Peneliti menemukan bahwa terdapat tiga strategi yang digunakan oleh guru dalam mengajar menulis di kelas X MAN 3 Agam Kubang Putiah.Yaitu: Guided writing,TTW dan PLEASE strategi. Namun, selain ketiga strategi tersebut, Guided Writing hanya diterapkan pada observasi pertama sedangkan TTW diterapkan pada setiap pertemuan. Sedangkan strategi PLEASE hanya diterapkan dalam pertemuan ke empat. Selainitu, meskipun guru menerapkan ketiga strategi tersebut, langkah-langkahnya masih belum lengkap. Dengan kata lain, ada langkah-langkah yang hilang dalam pelaksanaan strategi ini.
Copyrights © 2023