Internet memiliki peranan penting untuk minat belajar bagi peserta didik dan membawa pengaruh yang besar terhadap dunia pendidikan. Pemanfaatan Internet of Things merupakan salah satu inovasi yang berperan penting untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan Internet of Things (IoT) terhadap minat belajar biologi peserta didik kelas XI di SMA Pertiwi 1 Padang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan kuantitatif yang telah dilakukan pada bulan Januari - November 2023 di Departemen Biologi FMIPA UNP dan SMA Pertiwi 1 Padang. Sampel berjumlah 100 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Hasil uji korelasi menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan dengan nilai r = 0,7562 (korelasi kuat) dan nilai thitung (11,441) > ttabel (1,984). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif signifikan antara Internet of Things dan minat belajar biologi peserta didik kelas XI di SMA Pertiwi 1 Padang.
Copyrights © 2023