Pencapaian tujuan pembelajaran dapat dipengaruhi dengan adanya motivasi belajar siswa. Motivasi dapat menumbuhkan keinginan siswa untuk belajar. Penelitian bertujuan untuk menjelaskan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar pembuatan ecoprint. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif, penelitian menggambarkan variabel dengan data berupa angka. Metode pengumpulan data memanfaatkan angket dan nilai akhir mengenai hasil belajar. Instrumen penelitian terdapat kisi-kisi angket motivasi belajar, dan hasil belajar. Metode penelitian menggunakan uji korelasi dan uji t. berdasarkan hasil penelitian, rata-rata skor angket motivasi adalah 65,74 dengan kriteria sering. Rata-rata hasil belajar siswa sebesar 72,53, dengan nilai maksimum mencapai 88. Berdasarkan nilai kkm 70 terdapat 31 siswa tuntas belajar dan 3 siswa belum tuntas. Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa dengan uji korelasi, nilai sig. 0,146 > 0.05 dinyatakan terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar. Pada uji T hasil -6,609 terdapat pengaruh yang negative signifikan antara motivasi dengan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2023