Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and development (R&D) 4-D yang bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran biologi berbasis Al-Qur’an pada materi sirkulasi darah yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kevalidan, analisis data kepraktisan dan analisis data keefektifan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa modul pembelajaran biologi berbasis Al-Qur’an pada materi sirkulasi darah yang dikembangkan secara keseluruhan memiliki kualitas yang baik dalam kegiatan belajar mengajar. Tingkat kevalidan modul dapat dilihat dari hasil persentase validator ahli materi sebesar 80% dengan kriteria valid, dari ahli media sebesar 87% dengan kriteria sangat valid, dan ahli Agama sebesar 78% dengan kriteria valid. Tingkat kepraktisan modul dilihat dari respon guru sebesar 92% dengan kriteria sangat menarik dan dilihat dari respon siswa sebesar 83% dengan kriteria sangat menarik. Efektivitas modul dilihat dari hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata siswa sebesar 82% dengan kategori sangat efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran biologi berbasis Al-Qur’an pada materi sirkulasi darah yang dikembangkan dengan model 4-D valid, praktis, dan efektif sehingga layak untuk digunakan sebagai bahan ajar bagi siswa kelas XI MA/SMA.
Copyrights © 2023