Salah satu masalah yang ada di dunia pendidikan Indonesia adalah permasalahan atas hasil belajar peserta didik. Penelitian memiliki tujuan untuk melakukan review mendalam terkait peningkatan hasil belajar peserta didik dalam penggunaan model pembelajaran course review horay. Adapun sumber penelitian yang dipakai dalam penelitian ini yaitu jurnal yang relevan dengan topik penggunaan model pembelajaran course review horay sebanyak 7 jurnal. Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Triandini et al, (2019) menyatakan bahwa jika menggunakan metode Systematic Literature Review, maka peneliti akan me-review dan melakukan pengklasifikasian beberapa jurnal dengan runtut sesuai dengan tahapan-tahapan yang sudah ditetapkan. Ada beberapa tahapan yang peneliti pakai dalam penelitian ini, yakni 1) merumuskan pertanyaan penelitan, 2) mencari literatur jurnal, 3) menetapkan kriteria, 4) memilih literatur yang akan digunakan, 5) menyajikan data, dan 6) mengolah data serta menarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian dari 7 jurnal yang menerapkan model pembelajaran course review horay dapat dilihat bahwa model pembelajaran ini cocok untuk mata pelajaran PKN. Selain meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif, ada juga peningkatan hasil belajar pada ranah afektif (sikap). Peserta didik belajar kerjasama antar kelompok, empati dan tanggung jawab.
Copyrights © 2023