JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Penerapan Variasi Model Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Pancasila Kelas V SDN Podorejo 01

Habibah, Aulia Hindun (Unknown)
Istigfarin, Nur Hanifah (Unknown)
Wahyuni, Nur Indah (Unknown)
Aeni, Kurotul (Unknown)
Edi, Purwo (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2023

Abstract

Minat belajar siswa dapat menurun jika model pembelajaran yang digunakan selama proses pembelajaran tidak bervariasi atau monoton. Berdasarkan hal tersebut, pendidik dapat menggunakan model pembelajaran yang bervariasi untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi penurunan minat belajar siswa dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh informasi terkait minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas V SDN Podorejo 01. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengambilan data dilakukan melalui metode tes dan observasi yang dilakukan pada tanggal 19 – 26 Oktober 2023. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa dengan persentase 65% pada siklus I dan 85% pada siklus II.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...