Seorang guru berkewajiban untuk bisa memanfaatkan teknologi guna bisa mengakses informasi dari segala sumber berbasis digital. Tujuan penelitian ini yaitu guna mengetahui tingkat keaktifan dengan menggunakan pendekatan TPACK pada peserta didik kelas IV. Jenis penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus dengan subjek penelitian yaitu seluruh peserta didik dengan total 14 peserta didik yang terdiri atas 7 laki-laki dan 7 perempuan kelas IV SD Negeri Podorejo 01. Sampel dalam penelitian adalah pendekatan TPACK dengan pembelajaran Pendidikan Pancasila. Teknik analisis data yaitu kualitatif melalui observasi. Jadi kesimpulannya yaitu penggunaan pendekatan TPACK menunjang anak guna lebih fokus dan memudahkan dalam pemahaman materi karena penyajian materi dan tampilannya yang menarik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pendekatan TPACK dapat meningkatkan tingkat keaktifan peserta didik kelas IV di SDN Podorejo 01. Hasil penelitian ini terlihat pada siklus 1 sebesar 59% dan siklus II 64%.
Copyrights © 2023