Lembar kerja siswa merupakan perangkat media pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pengajaran, informasi atau pesan-pesan penting dari guru kepada peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan harapan dapat memberikan pengetahuan baru untuk memperbaiki proses pembelajaran yang sedang berlangsung untuk terus menjadi lebih baik dari sebelumnya. Metode yang digunakan adalah metode studi pustaka, yaitu metode dengan pengumpulan data dengan cara memahami dan mempelajari berbagai literatur yang berhubungan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran sangatlah perlu diperhatikan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar sehingga dapat memfasilitasi Lembar Kerja Siswa yang berbasis aktif dan bermakna, agar peserta didik tersebut dapat berfikir kritis dalam pembelajaran PKn dan dapat memberikan bekal untuk peserta didik dimasa yang akan datang. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS PKn yang berbasis aktivitas dan bermakna diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran bagi peserta didik dalam peningkatan hasil belajar.
Copyrights © 2023