JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

The Effect of Task-Based Learning (TBL) Towards Students’ Speaking Skill

Fadhillah, Nur (Unknown)
Putri, Hilma Pami (Unknown)
Dewi, Merry Prima (Unknown)
Syafitri, Widya (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2023

Abstract

Ada banyak orang di dunia ini yang menggunakan bahasa Inggris dan itu menjadikan bahasa Inggris sebagai hal yang paling penting untuk dipelajari. Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional. Menurut Syafitri dan Artika, bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar internasional yang berpengaruh, empat puluh dua negara di dunia menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar resmi (Widya Syafitri, 2019). Selain itu, bahasa Inggris telah menjadi bahasa terpopuler di dunia. Artinya bahasa Inggris penting untuk dipelajari, khususnya bagi pelajar. Berbicara sebagai media komunikasi memungkinkan kita bertukar informasi, pikiran, perasaan dengan orang lain. Sebaliknya, kemampuan berbicara siswa relatif rendah. Hal ini memunculkan ide untuk melakukan pembelajaran berbicara dengan menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis tugas untuk membantu siswa meningkatkan keterampilan berbicaranya. Desain penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen dengan membandingkan dua kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan pre-test dan post-test. Kelas kontrol berjumlah 31 siswa dan kelas eksperimen berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan pembelajaran berbasis tugas terhadap keterampilan berbicara siswa. Hal ini menunjukkan t hitung (3,852) lebih tinggi dibandingkan t tabel (2,004). Berikutnya, terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan berbicara siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis tugas dan yang diajar tanpa pembelajaran berbasis tugas. Hal ini terbukti dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,807 > 2,004). Terakhir, keterampilan berbicara siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis tugas lebih baik dibandingkan siswa yang diajar tanpa menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis tugas. Hal ini terbukti dengan peningkatan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol (9,08 > 3,72).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...