JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Pengenalan ChatGPT untuk Meningkatkan Literasi Digital Menuju Era Society 5.0 Di SMK PGRI 4 Jakarta

Nurmawati, Bernadete (Unknown)
Widyanto, Muhammad Laras (Unknown)
Ratuwulan, Anjelis (Unknown)
Soderi, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2023

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan kerjasama dengan SMK PGRI 4 Jakarta. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini kami laksanakan dengan tema “Pengenalan ChatGPT Untuk Meningkatkan Literasi Digital Menuju Era Society 5.0.” Sasaran dalam kegiatan ini adalah para siswa SMK PGRI 4 Jakarta. Mereka diberikan pelatihan singkat ChatGPT dan langsung mencoba penggunaan aplikasi tersebut. Pelatihan ini bertujuan untuk dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan literasi digital menggunakan ChatGPT dalam proses pembelajaran dan mengembangkan keterampilan siswa. Metode yang digunakan yaitu metode ceramah, metode simulasi, dan metode tanya jawab. Hasil dari kegiatan ini adalah penguasaan materi teknis penggunaan ChatGPT sehingga siswa memperoleh manfaat nyata dalam proses pembelajaran untuk dapat lulus SMK dengan hasil yang baik. Dengan ChatGPT, siswa dapat mengakses informasi yang mungkin tidak tercakup dalam bahan ajar mereka atau tidak tersedia secara mendalam dalam pelajaran. Selain itu, ChatGPT juga dapat membantu siswa dalam pembelajaran mandiri, memungkinkan mereka mencari jawaban atas pertanyaan mereka sendiri untuk memahami konsep yang kompleks, atau melatih pemahaman tanpa tergantung pada bimbingan langsung dari guru atau tutor.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...