Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kecerdasan interpersonal anak usia dini dengan menggunakan metode blended learning. Dimana dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas atau Classroom Action Research dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah anak berjumlah 10 orang. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan observasi dan juga dokumentasi selama kegiatan penelitian berlangsung kemudian dianalisis dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kecerdasan interpersonal anak dari siklus I ke siklus II. Dimana pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 22,4 (56%) termasuk dalam kiteria mulai berkembang dan mengalami peningkatan kecerdasan pada siklus II dengan nilai skor rata-rata sebesar 31,1 (77,7%) termasuk dalam kiteria berkembang sangat baik (BSB). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dijelaskakn bahwa terdapat peningkatan kecerdasan emosional dari sebelum dilakukan penelitian tanpa menggunakan metode blended learning dibandingkan setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan metode blended learning dan disimpulkan bahwa metode blended learning memiliki pengaruh terhadap kecerdasan interpersonal anak usia dini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023