JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Pendekatan Supervisi Direktif dalam Pembinaan Guru

Habibillah, Habibillah (Unknown)
Maunah, Binti (Unknown)
Mutihar, Prim Masrokan (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

Metode pengawasan yang tegas dapat meningkatkan mutu pengajaran guru. Supervisor harus memahami perbedaan individu guru dan menentukan metode supervisi yang tepat. Tahapan supervisi direktif meliputi memberikan arahan, menjelaskan dengan jelas, mengawasi, mengevaluasi, dan memberikan bantuan yang sesuai. Tantangan penerapan pendekatan supervisi yang direktif adalah kurangnya pemahaman para guru tentang pentingnya supervisi, keterbatasan waktu dan area supervisi, serta perbedaan individual guru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan atau library research untuk menemukan dan mengkaji tulisan-tulisan serta literatur-literatur yang berkaitan dengan fokus permasalahan yang sedang diperiksa. Hasil dan pembahasan penelitian yaitu Metode pengawasan yang tegas dapat meningkatkan mutu pengajaran guru. Supervisor harus memahami perbedaan individu guru dan menentukan metode supervisi yang tepat. Tahapan supervisi direktif meliputi memberikan arahan, menjelaskan dengan jelas, mengawasi, mengevaluasi, dan memberikan bantuan yang sesuai. Tantangan penerapan pendekatan supervisi yang direktif adalah kurangnya pemahaman para guru tentang pentingnya supervisi, keterbatasan waktu dan area supervisi, serta perbedaan individual guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...