JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Hubungan Status Pekerjaan, Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan Ibu terhadap Pemberian Asi Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Kimi

Rellam, Silpa (Unknown)
Masithah, St (Unknown)
Wahyuni, Fitri (Unknown)
Yusuf, Kurnia (Unknown)
Hasanah, Siti Uswatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

ASI eksklusif merupakan air susu ibu yang diberikan semenjak bayi lahir hingga berumur 6 bulan dan tidak diberikan cairan tambahan. Pencapaian ASI eksklusif di Indonesia belum mencapai 80%. Berdasarkan laporan Riskesdas tahun 2022 pencapaian ASI eksklusif adalah 69.7%%. Laporan dari Puskesmas Kimi Kabupoaten Nabire tahun 2023, cakupan pemberian ASI eksklusif hanya 24%. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan status pekerjaan, tingkat pendidikan dan pengetahuan berhubungan dengan pemberian ASI eksklusif. Jenis penelitian yang digunakan adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional dan pengambilan sampel pada ibu yang memiliki bayi usia 6-8 bulan menggunakan simple random sampling sebesar 73 responden. Penelitian ini menunjukkan hasil univariat yakni pendidikan ibu rendah sebesar 58.9%, status pekerjaan sebesar 52.1%, pengetahuan cukup sebesar 58.9%, dan ibu tidak memberikan ASI eksklusif sebesar 61.6%, sedangkan hasil bivariat yakni status pekerjaan nilai p=0.000, pendidikan nilai p=0.010, pengetahuan nilai p=0.000. Terdapat hubungan antara status pekerjaan, pendidikan ibu, dan pengetahuan ibu terhadap pemberian ASI eksklusif. Disarankan kepada ibu untuk lebih proaktif mencari informasi guna meningkatkan pengetahuan tentang ASI Ekslusif, dan bagi petugas Kesehatan disarankan untuk meningkatkan pemberian edukasi tentang pentingnya ASI Eksklusif sehingga menumbuhkan motivasi ibu untuk berperilaku baik dalam memberikan ASI Eksklusif kepada bayinya

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...