JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Program Sekolah Ekologo untuk Pengembangan Kesadaran Lingkungan

Azizah, Afidlotul (Unknown)
Alindra, Afridha Laily (Unknown)
Nisa, Fadia Fazilatun (Unknown)
Rosyada, Alya Amrina (Unknown)
Nengsih, Nurfenti Widiya (Unknown)
Fireli, Pingkan (Unknown)
Prayogo, Rangga Sunaryo (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2024

Abstract

Lingkungan merupakan semua hal yang ada di sekeliling manusia, yang secara langsung ataupun tidak langsung dapat menjadi pengaruh dalam perkembangan kehidupan manusia, baik itu dari lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Keadaan lingkungan saat ini semakin memilukan. Hal ini diakibatkan oleh ulah manusia yang mengeksploitasi sumber daya alam dan lingkungan tanpa henti dan tanpa melakukan upaya ulang pelestarian lingkungan. Usaha dalam menyelamatkan lingkungan sangat di butuhkan untuk generasi sekarang dan generasi yang akan datang, terutama siswa sekolah dasar. Sehingga perlu diberikan pengertian agar mau menanamkan dan mengubah perilaku untuk peduli terhadap lingkungan melalui pendidikan ekologi (sekolah ekologi). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif yang berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan narasumber yang memiliki pemahaman sehingga dapat membantu menyelesaikan permasalahan melalui penjelasan. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya program – program yang sangat mendukung siswa untuk sadar akan lingkungan dalam sekolah ekologi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...