JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Tantangan Guru dalam Penerapan Penilaian Portofolio di SD

Evi Setianingsih (Universitas Pendidikan Indonesia)
Shela Silvia (Universitas Pendidikan Indonesia)
Winarti Winarti (Universitas Pendidikan Indonesia)
Prihantini Prihantini (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan penyempurna dari kurikulum 2013. Kurikulum merdeka didesain untuk mengoptimalisasi hasil belajar sesuai dengan kebutuhan dari siswa. Kurikulum merdeka merupakan hal baru untuk siswa dan guru. Sehingga dalam pelaksanaanya terdapat kendala salah satunya dalam penerapan penilaian portofolio. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripkan kendala yang guru alami ketika implementasi penilaian portofolio, serta memberikan solusi untuk guru supaya dapat meminimalisir kendala tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literatur. Adapun tujuan dari studi literatur dalam penelitian ini merupakan awal dari perencanaan penelitian dengan memanfaatkan studi kepustakaan untuk memperoleh data yang ada di lapangan tanpa perlu terjun secara langsung. Data yang diperoleh bersumber dari sumber pustaka yang relevan seperti laporan penelitian, buku, jurnal ilmiah , dan sumber lainnya. Berdasarkan data yang telah diperoleh menghasilkan salah satu solusi yaitu dengan mengikuti pelatihan dan pendampingan dalam penyusunan dan merangcang instrument penilaian portofolio, hal ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan kepada guru untuk melakukan penilaian di sekolah

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...