Kurikulum merdeka merupakan penyempurna dari kurikulum 2013. Kurikulum merdeka didesain untuk mengoptimalisasi hasil belajar sesuai dengan kebutuhan dari siswa. Kurikulum merdeka merupakan hal baru untuk siswa dan guru. Sehingga dalam pelaksanaanya terdapat kendala salah satunya dalam penerapan penilaian portofolio. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripkan kendala yang guru alami ketika implementasi penilaian portofolio, serta memberikan solusi untuk guru supaya dapat meminimalisir kendala tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literatur. Adapun tujuan dari studi literatur dalam penelitian ini merupakan awal dari perencanaan penelitian dengan memanfaatkan studi kepustakaan untuk memperoleh data yang ada di lapangan tanpa perlu terjun secara langsung. Data yang diperoleh bersumber dari sumber pustaka yang relevan seperti laporan penelitian, buku, jurnal ilmiah , dan sumber lainnya. Berdasarkan data yang telah diperoleh menghasilkan salah satu solusi yaitu dengan mengikuti pelatihan dan pendampingan dalam penyusunan dan merangcang instrument penilaian portofolio, hal ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan kepada guru untuk melakukan penilaian di sekolah
Copyrights © 2024