JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Studi Literatur Review : Pengaruh Penggunaan Media Card Sort terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di SD/MI

Lubis, Dicky Chandra (Unknown)
Ritonga, Annida Azhari (Unknown)
Febriani, Agilia (Unknown)
Jannah, Miftahul (Unknown)
Syahfitri, Nadia (Unknown)
Yusnaldi, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini membahas pentingnya pendidikan dalam mengembangkan potensi peserta didik dengan fokus pada Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Meskipun IPS memiliki peran vital dalam membentuk pemahaman sosial siswa, seringkali dianggap hanya sebagai mata pelajaran hafalan. Oleh karena itu, perbaikan dalam penyelenggaraan pembelajaran IPS diperlukan untuk mencapai kualitas pembelajaran yang lebih baik. Salah satu upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran adalah melalui penggunaan media Card Short yang menarik dan informatif. Penelitian ini menerapkan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) untuk mengidentifikasi, menelaah, dan mengevaluasi hasil penelitian yang relevan. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media card sort memiliki kontribusi positif terhadap pencapaian hasil belajar IPS siswa di SD/MI. Metode pembelajaran ini tidak hanya meningkatkan proses pembelajaran dengan membuat siswa lebih aktif dan komunikatif tetapi juga menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan. Dengan demikian, peningkatan kualitas pembelajaran IPS dapat dicapai melalui penggunaan strategi pembelajaran aktif dengan media card sort.Hasil analisis mendukung konklusi bahwa metode pembelajaran dengan menggunakan Card Sort mampu meningkatkan aktivitas siswa, memperkuat interaksi komunikatif, dan menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan. Implikasinya, pemanfaatan media ini dapat menjadi solusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran IPS di tingkat dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...