JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Evaluasi Proses terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI Madrasah Aliayah Kelas XII Pondok Pesantren Darul Muttaqin Kabupaten Maros

Ihwanuddin, Ihwanuddin (Unknown)
Bunyamin, Andi (Unknown)
Hakim, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2024

Abstract

Hasil belajar siswa akan menjadi lebih baik jika seorang guru mampu melaksanakan evaluasi dalam pembelajaran yang telah dilaksanakan, karena dengan evaluasi guru mampu mengetahui kekurangan dan ketidak tuntatas siswa dalam melaksankan proses pembelajaran, peneliti menemukan kesenjangan antara evaluasi pembelajaran dan hasil belajar siswa. Terlihat bahwasanya ada ada beberapa siswa yang kurang respon terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa kurang memahami materi pembelajaran yang disampaikan guru. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru Pai di Pondok Pesantren Darul Muttaqin. (2) Mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Pondok Pesantren Darul Muttaqin. (3) Mengetahui pengaruh antar pelaksanaan evaluasi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Pondok Pesantren Darul Muttaqin. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yakni metode observasi, penyebaran angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelaksanaan evaluasi pembelajaran guru di Pondok Pesantren Darul Muttaqin dikategorikan sedang, hal ini sejalan dengan hasill belajar siswa kelas XII yang menunjukkan kategori sedang. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dengan adanya pelaksanaan evaluasi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas XII di Pondok Pesantren Darul Muttaqin.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...