Di era penerapan kurikulum merdeka pada tiap sektor pendidikan, menjadikan ada aspek yang perlu dimuat dalam pembelajaran. Terutama dalam pemenuhan enam elemen Profil Pelajar Pancasila. Dalam hal ini elemen Profil Pelajar Pancasila dapat dimuat dalam pembelajaran. Guru dimerdekakan dalam membentuk karakter Pancasila yang meliputi, enam aspek yang harus dikembangkan yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, kebinekaan global, mandiri, bergotong-royong, bernalar kritis, dan kreatif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi dokumen menjelaskan pengimplementasian Projek Penguatan Profil Pancasila melalui kegiatan kepramukaan. Hal ini dikarenakan tujuan dari kegiatan pramuka dan 6 elemen Projek Profil Pancasila memiliki korelasi satu sama lain. Sehingga kegiatan pramuka menjadi media yang tepat dalam pengimplementasian P5.
Copyrights © 2024