JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 0308 Aek Bargot

Harahap, Jimmi Carlos (Unknown)
Siregar, Arifin (Unknown)
Lubis, Wildansyah (Unknown)
Ananda, Lala Jelita (Unknown)
Prawijaya, Septian (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar IPS kelas IV di SDN 0308 Aek bargot T.A 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Eksperimental dengan desain Two Group Pretest Posttest. Subjek penelitian dipilih secara teknik sampling jenuh. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV. Sampel yang digunakan sebanyak 25 orang siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis konvensional dengan bantuan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Two Stay Two Stray berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji cooprative learning pada kelompok eksperimen dengan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata pretest 49,69 dan skor rata-rata posttest 77,73. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS di kelas IV SD Negeri 0308 Aek Bargot T.A 2023/2023.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...