JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pendekatan dan Model-Model Pendidikan Multikultural

Salmah, Nur (Unknown)
OK, Azizah Hanum (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2024

Abstract

Pendidikan multikultural sangat penting diberikan kepada anak sejak dini di sekolah. Namun, mengingat beban mata pelajaran sekolah ini sudah cukup banyak, maka alangkah baiknya bila mata pelajaran pendidikan multikultural tidak menjadi mata pelajaran tersendiri, tetapi diintegrasikan dengan mata pelajaran yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman pendekatan dan model-model pendidikan multicultural. Penelitian ini memakai metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa Hasil penelitian menunjukan bahwa model-model pendidikan multicultural dikenali lima pendekatan, yaitu: pertama, pendidikan mengenai perbedaan-perbedaan kebudayaan atau multikulturalisme; kedua, pendidikan mengenai perbedaan-perbedaan kebudayaan atau pemahaman kebudayaan; ketiga, pendidikan bagi pluralisme kebudayaan; keempat, pendidikan dwi-budaya; kelima, pendidikan multikultural sebagai pengalaman moral manusia. Serta dalam pendekatan multicultural terdapat beberapa pendekatan yang dapat digunakan dalam pengimplementasian pendidikan multikultur, yaitu: 1) Pendekatan Historis, 2) Pendekatan Sosiologis, 3) Pendekatan Kultural, 4) Pendekatan Psikologis, 5) Pendekatan Estetik, dan 6) Pendekatan Berspektif Gender

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...