JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pendidikan Karakter Siswa Kelas 7 SMP Daarut Tauhid dalam Upaya Mencegah Kasus Bullying

Rahman, Salwa Azizah (Unknown)
Hakim, Arif Rahman (Unknown)
Fauzan, Muhammad Rifky (Unknown)
Maharani, Khoirunnisa (Unknown)
Supriyono, Supriyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2024

Abstract

Pendidikan tidak pernah hilang dan selalu berperan penting dalam membentuk kepribadian seseorang. Namun, di dalam dunia pendidikan tidak pernah luput dari permasalahan sosial. Yang sedang terjadi saat ini dan selalu berulang di lingkungan para siswa yaitu perundungan atau bullying. Bullying sering terjadi di sekolah ataupun juga terjadi di lingkungan berbasis agama (pesantren). Banyak faktor yang mengakibatkan bullying itu terjadi serta banyak juga pencegahan yang bisa dilakukan. Peran seorang guru dalam mengatasi permasalahan ini sangat di butuhkan. Penelitian ini tentang motif bully pelaku serta bermaksud untuk mengetahui bentuk bullying dan kenapa bullying itu terjadi dan bentuk kepedulian terhadap siswa. Penelitian ini ditulis dengan metode kualitatif dalam pengumpulan data melalui wawancara dan penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi bullying dimulai dengan saling mengejek. Adapun Pelaku yang melakukan bullying bisa dilihat dari faktor diri sendiri yang menjadikan dirinya sebagai pelaku, ada pula korban bully yang ingin membalaskan dendam sehingga membully, intinya bully termasuk permasalahan serius yang harus di cegah dalam dunia pendidikan sehingga terwujudkan pendidikan yang berkarakter.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...