JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Preferensi Minat dan Prestasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Elektronika Dasar dengan Pendekatan Augmented Reality-Based Learning

Rozi, Fakhrur (Unknown)
Fitrah, Yunanda (Unknown)
Aliffa Izzara, Widi (Unknown)
Ambiyar, Ambiyar (Unknown)
Ema Wulansari, Rizky (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Tidaknya antusiasme siswa terhadap materi Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Padang menimbulkan tantangan dalam memahami konsep dasar Rangkaian Elektronika, yang berdampak pada pencapaian hasil belajar yang kurang memuaskan. Untuk mengatasi hambatan ini, diperlukan suatu pendekatan inovatif. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak penerapan metode Augmented Reality-Based Learning (ARBL) dalam meningkatkan minat dan pencapaian belajar siswa pada mata pelajaran Elektronika Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan dua siklus. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ARBL secara efektif mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Padang dalam pembelajaran Elektronika Dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...