JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Tema Kewirausahaan dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa (Penelitian Mixed method terhadap Siswa Kelas IV SD Negeri Jamali)

Raisa Ayu Luthfia (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dinie Anggraeni Dewi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Yayang Furi Furnamasari (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2024

Abstract

Kreativitas menjadi keterampilan wajib yang harus dimiliki terutama di abad-21 ini karena menjadi modal penting dalam menghadapi tantangan dan persaingan global terutama dalam perekonomian dunia. Pendidikan kewirausahaan menjadi jembatan dalam proses penanaman kreativitas peserta didik dari sejak dini. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas siswa dalam kegiatan berwirausaha sebagai bentuk upaya peningkatan kesejahteraan ekonomi di lingkungan sekitar SD Negeri Jamali. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan mixed method dengan model concurrent embedded menggunakan metode kualitatif sebagai metode primer. Pengumpulan data diperoleh melalui kegiatan wawancara dan penyebaran angket yang menghasilkan 27 siswa kelas IV SD Negeri Jamali. Hasil penelitian menunjukan: (1) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Tema Kewirausahaan telah terlaksana dengan baik, (2) Mayoritas siswa sudah mampu menyelesaikan masalah dengan kreativitasnya, (3) Peningkatan kreativitas siswa berada pada kategori mulai berkembang. Hasil ini menunjukan adanya keberhasilan pelaksanaan P5 dalam meningkatankan Kreativitas siswa kelas IV SD Negeri Jamali.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...