Kreativitas menjadi keterampilan wajib yang harus dimiliki terutama di abad-21 ini karena menjadi modal penting dalam menghadapi tantangan dan persaingan global terutama dalam perekonomian dunia. Pendidikan kewirausahaan menjadi jembatan dalam proses penanaman kreativitas peserta didik dari sejak dini. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas siswa dalam kegiatan berwirausaha sebagai bentuk upaya peningkatan kesejahteraan ekonomi di lingkungan sekitar SD Negeri Jamali. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan mixed method dengan model concurrent embedded menggunakan metode kualitatif sebagai metode primer. Pengumpulan data diperoleh melalui kegiatan wawancara dan penyebaran angket yang menghasilkan 27 siswa kelas IV SD Negeri Jamali. Hasil penelitian menunjukan: (1) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Tema Kewirausahaan telah terlaksana dengan baik, (2) Mayoritas siswa sudah mampu menyelesaikan masalah dengan kreativitasnya, (3) Peningkatan kreativitas siswa berada pada kategori mulai berkembang. Hasil ini menunjukan adanya keberhasilan pelaksanaan P5 dalam meningkatankan Kreativitas siswa kelas IV SD Negeri Jamali.
Copyrights © 2024