JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Penerapan Keteladanan Guru dalam Peningkatan Kedisiplinan Siswa

Kusumastuti, Frida Restu Rizki (Unknown)
Mutmainah, Mutmainah (Unknown)
Al-Fikriah, Najwa Azkiatul Fadilah (Unknown)
Surani, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan keteladanan guru dalam peningkatan kedisiplinan siswa di sekolah. Dengan menggunakan metode penelitian adalah kualitatif desktiptif. Teknik data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Upaya dalam bimbingan dan konseling kami pihak sekolah memberikan kegiatan rapat bulanan yang akan mengevaluasi laporan-laporan yang telah di rapatkan sebelumnya dari masing-masing wali kelas kepada Kepala Sekolah dan selanjutnya kami akan menjadwalkan pertemuan dengan wali murid untuk membahas laporan terkait hasil kegiatan siswa selama setengah semester yang memungkinkan siswa memperoleh kesempatan untuk pembahasan dan pengetasan masalah yang dialami melalui dinamika kelompok, yaitu masalah-masalah yang berkenaan dengan pemahaman dan pelaksanaan disiplin dan peraturan sekolah. Keteladanan guru memberikan peningkatan kedisiplinan siswa sudah mulai memberikan respon positif dengan semakin berkurangnya keterlambatan siswa datang dan jumlah siswa yang tidak masuk tanpa keterangan semakin berkurang setiap minggunya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...