JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Strategi Menghafal Al-Quran di SD IT Tahfizh Al Makki

Salman, Salman (Unknown)
Rahmadani, Fitri (Unknown)
Saputra, Junindra Darisky (Unknown)
Udiyana, Latifa Salsabila Anisa (Unknown)
Maileni, Nanda Putri (Unknown)
Harahap, Nurbaya (Unknown)
Harahap, Nurhabibah (Unknown)
Amalia, Suci (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2024

Abstract

Menghafal Al-Quran memainkan peran penting dalam memelihara dan melestarikan warisan budaya Islam dan juga memperkuat identitas agama dan sosial individu. Studi ini bertujuan untuk menyelidiki strategi yang efektif dalam menghafal Al-Quran di Sekolah Dasar (SD) IT Tahfizh Al Makki. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis berbagai metode dan teknik yang digunakan dalam proses menghafal Al-Quran di sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi partisipatif dan wawancara terstruktur dengan para guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD IT Tahfizh Al Makki menerapkan pendekatan yang holistik dan terpadu dalam mengajarkan penghafalan Al-Quran, yang meliputi pembelajaran langsung dari guru, penggunaan teknologi, serta praktik mandiri siswa. Strategi yang digunakan melibatkan pengulangan, penggunaan media audiovisual, dan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan efektivitas penghafalan. SD IT Al Makki menggunakan metode Jama’i dan Tallaqi dalam menghafal Al-Quran yang diikuti oleh 149 siswa SD IT Al Makki. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga tentang strategi yang dapat diterapkan dalam konteks pengajaran Al-Quran di tingkat SD, dengan harapan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan metode pengajaran yang lebih baik di sekolah-sekolah serupa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...