Penelitian ini menyelidiki pendekatan pedagogi dalam program Institut Maritim, dengan fokus pada disiplin ilmu Dek, Teknik, dan Manajemen Pelabuhan & Perkapalan. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, data dikumpulkan dari 70 taruna melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Perkuliahan ditemukan diterapkan secara luas di semua program, dengan kebutuhan untuk meningkatkan interaktivitas yang teridentifikasi. Simulasi sangat efektif, khususnya dalam program Teknik, menyoroti potensi integrasi yang lebih luas. Studi kasus banyak digunakan dalam program Manajemen Pelabuhan & Perkapalan, yang menunjukkan manfaatnya dalam mendorong pemikiran kritis dan keterampilan pemecahan masalah. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya menyelaraskan pendekatan pedagogi dengan kebutuhan spesifik disiplin ilmu dan mengintegrasikan beragam metode pengajaran untuk meningkatkan pengalaman belajar. Rekomendasinya mencakup memasukkan elemen interaktif ke dalam perkuliahan, memperluas penggunaan simulasi, dan memperkuat integrasi studi kasus. Secara keseluruhan, penelitian ini berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan maritim dengan memberikan wawasan tentang praktik pedagogi efektif yang mempersiapkan taruna untuk sukses berkarir di industri maritim.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024